Sunday, January 9, 2011

brownie brownie brownies

BY ana IN , No comments

libur pergantian semester di tahun kedua kuliahku telah dimulai sejak tanggal 1 Januari 2011 lalu. Durasi libur ini adalah sebulan lebih sedikit.

Pada minggu pertama liburan, aku telah membuat 2 kue yang kukerjakan untuk eksperimen. Hanya eksperimen karena aku tak yakin akan jadi apa hasilnya (tentu saja kue, tapi bukan masalah itu). Sebisa kuingat, terakhir kali aku membuat kue adalah 2 tahun yang lalu. sebuah cheese cake untuk seorang teman. tidak, kue tersebut tidak beracun dan tidak dibuang ke tempat sampah.

hari Rabu (5 Jan 2011) aku membuat brownies ku yang pertama (bukan yang pertama dalam hidup). akhirnya tak begitu bagus walalupun tidak buruk juga. aku ingin mengambil gambar untuk dipamerkan, tapi karena telepon genggamku merupakan warisan jaman monoponik awal, warna di tampilannya saja sudah merupakan suatu anugrah. resep brownies ini kudapat dari milis NCC yang kuikuti melalui email Yahoo-ku. Tanpa basa-asam, berikut resepnya:

resep brownies panggang ekonomis

Bahan:
200gr terigu protein sedang
50gr coklat bubuk
1sdt baking powder
300gr telur (saya memakai 5 butir telur)
300gr gula pasir
1sdt emulsifier
200gr minyak sayur
1/4sdt garam
30ml susu cair (saya pakai susu kental tang dicairkan)

Cara:
Ayak sambil diaduk rata terigu, coklat bubuk, baking powder, sisihkan
Kocok telur, gula, emulsifier sampai mengembang, tambahkan campuran tepung yg sudah diayak.
Panaskan oven. Saya memakai oven tangkring yang berbentuk kotak itu lho.
Tambahkan minyak goreng, garam, susu, aduk rata
Tuang ke loyang. Saya memakai loyang tulban, tapi lebih baik jika anda memakai loyang brownies. Menurut sumber, bila memakai loyang brownies ukuran 30x10, bisa menjadi 3 loyang.
Panggang pada suhu 170 derajat (bila menggunakan oven listrik) selama 30 menit.
Lakukan tes tusuk. bila tidak ada lagi adonan yang menempel, berarti sidah matang. Jangan samapai gosong (overbaked), bila bagian tengah belum matang, kecilkan api dan panggang hingga semua bagian matang.

Hasilnya? enak. Namun teksturnya kurang pas untuk brownies. Dengan tekstur cake yang ringan, lebih tepat disebut bolu. Karena hal ini lah saya memutuskan untuk membuat eksperimen brownies kedua yang dilakukan hari sabtu (8 Januari 2011)

-bersambung-

0 comments:

Post a Comment